Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara membuat blog gratis dengan Blogspot

Tutorial lengkap membuat blog pribadi gratis di platform blogger atau blogspot secara mudah untuk pemula.



Di era sekarang, berselancar di internet untuk mencari informasi atau sekedar berinteraksi lewat media sosial, forum, atau jual beli online, merupakan hal yang lumrah dan tak jarang kita temui.
Tentu hal ini membawa dampak positif, karena dengan mudah nya menggali informasi membuat wawasan dan pengetahuan kita bertambah.
Bagi sebagian orang yang suka mencari informasi lewat situs web, ada diantaranya yang berpikir tentang bagaimana cara membuat blog. Maka dari itu disini saya akan ulas tentang bagaimana cara membuat blog yang mudah dan gratis.

Ada banyak platform yang menyediakan layanan untuk membuat blog, baik yang berbayar maupun gratis seperti Wordpress, Tumblr, Weebly, Blogger, dan masih banyak lagi. Namun disini saya akan pandu anda langkah demi langkah membuat blog di Blogger, karena Blogger merupakan platform blog gratis dan sudah familiar serta digunakan banyak orang.

Berikut langkah-langkahnya :
  1. Langkah pertama adalah membuka halaman web Blogger.Com. Tampilan web blogger seperti gambar dibawah ini 
  2. Pada halaman tersebut, anda klik tombol Create New Blog, nanti akan dibawa ke halaman masuk akun google. Jika anda sudah menyediakan akun yang untuk membuat blog, silakan masukan alamat email anda dan Klik tombol Berikutnya untuk Login. Jika belum, maka anda bisa membuat akun terlebih dahulu dengan masuk ke menu Buat Akun
  3. Jika dilangkah ke dua tadi anda sudah Login menggunakan akun google, maka langsung saja ke langkah no 5. Jika anda membuat akun google baru, ada dua opsi akun, yaitu akun personal dan akun bisnis, saya sarankan untuk membuat akun personal seperti gambar dibawah.
  4. Selanjutnya lengkapilah data diri untuk membuat akun Google baru.
  5. Setelah selesai membuat akun Google tersebut. Lengkapilah data profil blogger anda. Tulis nama anda, lalu klik lanjutkan ke blogger, profil blogger anda bisa di edit lagi nanti.
  6. Selanjutnya tinggal membuat blog baru dengan cara Klik menu Blog Baru seperti yang terlihat di gambar , saya lingkari tanda merah, atau bisa juga Klik tombol Buat Blog Baru di bagian bawah
  7. Silakan Isi Kolom Judul dengan Nama Blog Yang akan anda buat, dan di kolom alamat silakan isi url atau alamat blog anda sesuai yang anda inginkan, jika url sudah tidak tersedia, maka cari lagi alamt blog untuk url nya sampai muncul tanda centang biru yang menandakan alamat blog tersedia, terus klik tombol Buat Blog
  8. Dan Selamat Blog anda selesai dibuat, anda tinggal menggunakanya sesuai yang anda inginkan, anda bisa klik menu lihat blog di pojok kiri atas dashboard untuk membuka halaman blog anda
Penjelasan singkat menu admin pada Dashboard Blogger 
  • Entri Baru : Tombol menu untuk membuat postingan blog
  • Postingan : Berisi daftar artikel yang sudah dipublikasikan dan artikel yang masih dalam bentuk draft.
  • Statistik : Untuk Melihat detail statistik blog mengenai data lalu lintas pengunjung blog, diantaranya jumlah pengunjung, jumlah postingan, jumlah artikel dan sumber lalu lintas blog.
  • Komentar : Menu untuk moderasi komentar blog.
  • Halaman : Menu untuk membuat , menghapus, dan menyunting alaman statis blog.
  • Tata Letak : Menu untuk mengatur layout blog Anda, menambahkan atau mengatur posisi widget.
  • Tema : Menu untuk menyunting tema atau template blog, mengganti temlate, serta back up template.
  • Setelan : Menu konfigurasi setelan blog, diantaranya untuk mengatur jumlah artikel yang akan ditampilkan di halaman utama (homepage), pengaturan bahasa, komentar dimoderasi apa tidak, dan lain-lain.

sedikit pembahasan tentang cara membuat blog yang saya sampaikan di atas mungkin masih banyak kekurangan nya. namun semoga bisa bermanfaat buat para pemula. Sekian dan Terimakasih.

Posting Komentar untuk "Cara membuat blog gratis dengan Blogspot"